Media pembelajaran menggunakan
permainan true or false
Media
pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat meningkatkan minat atau
motivasi siswa dalam belajar. Disini saya akan menerapkan permainan true or
false (benar atau salah) agar siswa tidak bosan dalam belajar. Gambaran umum
tentang permainan ini yaitu untuk melatih daya ingat siswa setelah guru
menyampaikan materi. Strategi true or false juga dapat mengajak siswa untuk
belajar aktif dan bertujuan agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar
serta menumbuhkan daya kreatifitas sehingga mampu membuat inovasi-inovasi.
Kelebihan dari media pembelajaran true or false ini adalah :Berpikir dan
bertindak kreatifSiswa dapat belajar langsung tentang materi yang dipelajari
Siswa dapat mengungkapkannya mengapa memilih jawaban benar dan salah.
Kelemahan dari media pembelajaran true or false ini adalah memerlukan alokasi
waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain,
untuk siswa yang malas tujuan dari metode tersebut tidak dapat tercapai.
Langkah-langkah membuatnya :Pengajar membagikan kartu kepada siswa yang berisi
tentang berbagai macam bentuk kalimat tanya.Siswa harus menentukan apakah
kalimat yang adadalam kartu tersebut benar atau salah.Selanjutnya mereka
berbaris dikiri atau dikanan sesuai dengan jawaban yang mereka berikan
(misalnya: jawaban benar disebelah kanan, jawaban salah disebelah kiri)Sesudah
itu mereka diminta memberikan alasan mengapa mereka menjawab benar atau
salah.Dan yang terakhir siswa bisa pindah barisan, jika dia berubah pikiran.Dan
pengajar memberikan jawabannya barang siapa yang benar akan dikasi hadiah
seperti coklat atau permen.
Langkah-langkah media penerapan dikelas yaitu pada saat selesai guru memberikan
materi pembelajaran baru setelah itu diadakan permainan true or false tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar