Selasa, 13 November 2012

ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

            Alat peraga matematika dapat diartikan sebagai suatu perangkat benda konkrit yang dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika. Dengan alat peraga hal-hal yang abstrak itu dapat disajikan dalam bentuk model.model berupa benda konkrit yang dapat dilihat, dipegang diputarbalikkan sehingga mudah difahami.

Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran
Penggunaan media ,termasuk alat peraga, dalam proses pembelajaran mempunyai nilai-nilai praktis sebagai berikut :
a. Media dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa Dua orang yang hidup di dua lingkungan yang berbeda akan mempunyai pengalaman yang berbeda pula. Dalam hal ini media dapat mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut.
b   Media memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan.
  1. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
  2. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realistis.
  3. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
  4. Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa belajar
  5. Media dapat memberikan pengalaman yang integral dari suatu yang konkrit sampai kepada yang abstrak.
 Beberapa macam  alat peraga pembelajaran matematika antara lain:
 a. Alat peraga Kekekalan Luas
Luas daerah persegi panjang, luas daerah persegi, luas daerah segitiga, luas daerah lingkaran, dalil Pythagoras, luas permukaan kubus, luas permukaan  balok, luas permukaan limas, tangram
1) Alat Peraga Kekekalan Panjang
      Tangga garis bilangan, pita garis bilangan, neraca bilangan, mistar hitung dan batang cuisenaire
2) Alat Peraga Kekekalan Volume
      Blok Dienes, volume kubus, volum balok, volum prisma, volum tabung, volum kerucut, volum bola
3) Alat Peraga Kekekalan Banyak
      Abakus biji, lidi, dan kartu nilai tempat
4) Alat Peraga untuk Percobaan dalam Teori Kemungkinan
      Uang logam, dadu, gasingan, paku payung, kartu, distribusi Galton (sesatan hexagon)
5) Alat Peraga untuk Pengukuran
      Meteran, busur derajat, roda meteran, kapak tomahowk, jepit bola, spereometer
6) Bangun-Bangun Geometri
      Macam-macam model bangun geometri
7) Alat Peraga Untuk Permainan Dalam Matematika
      Mobius, aritmetika jam, kartu domino, kartu penebak hati
Contoh alat peraga Matematika
  1. Alat peraga untuk menentukan volum  limas 
Gambar  2.  Volum limas
Pada gambar 2 tampak ada 3 limas siku-siku yang kongruen. Jika ketiga limas tersebut digabungkan maka akan terbentuk suatu kubus  adlahdengan sisinya adalah sisi alas limas tersebut.
Jadi volum limas sama dengan sepertiga volum kubus.
Volum kubus  dngan panjang rusuk = r adalah V= r3
Jadi volum limas segiempat dengan tinggi  = r dan luas alas sama dengan luas sisi kubus tersebut  adalah  V =  volum kubus =  r3
2. Alat Peraga untuk menentukan volum bola
 Tujuan       :  Menemukan  rumus volum Bola
 Bahan        :  Bola dari plastik, kertas manila, lem (perekat kertas), pasir/beras.
 Alat           :  Penggaris, jangka, gunting/pisau
 Kegiatan  :
1. Potonglah bola plastik menjadi dua  bagian yang sama  besar (menurut lingkaran besarnya).
2. Ukurlah  diameter bola , misalkan 2r
3. Buatlah tabung tanpa tutup, dengan  diameter 2r  dan tinggi juga 2r (seperti pada lab.mini    sebelumnya).
4. Pastikan  bahwa  sekarang sudah didapatkan  dua benda , yakni  setengah bola  dan tabung tanpa tutup sebagai berikut.
5. Isilah sampai penuh, setengah bola tersebut  dengan beras/pasir.
6.  Tuangkan beras/pasir tersebut ke dalam  tabung.
7.  Ulangi kegiatan (5) dan (6) sampai tabung penuh dengan beras/pasir.
Apa yang dapat saudara simpulkan dari kegiatan  (5), (6) , (7) ?
Telah kita ketahui bahwa rumus volum tabung adalah  V = p r2t.  Karena t= 2r, maka volum tabung tersebut adalah  V = p r2.2r = 2p r3.
Dengan demikian , berapakah volum bola ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar