ALAT PERAGA DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Alat peraga matematika dapat
diartikan sebagai suatu perangkat benda konkrit yang dirancang, dibuat,
dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan
atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika. Dengan
alat peraga hal-hal yang abstrak itu dapat disajikan dalam bentuk model.model
berupa benda konkrit yang dapat dilihat, dipegang diputarbalikkan sehingga
mudah difahami.
Fungsi
dan Manfaat Media Pembelajaran
Penggunaan
media ,termasuk alat peraga, dalam proses pembelajaran mempunyai nilai-nilai
praktis sebagai berikut :
a.
Media dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa
Dua orang yang hidup di dua lingkungan yang berbeda akan mempunyai pengalaman
yang berbeda pula. Dalam hal ini media dapat mengatasi perbedaan-perbedaan
tersebut.
b Media
memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan.
- Media menghasilkan keseragaman pengamatan
- Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realistis.
- Media dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
- Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa belajar
- Media dapat memberikan pengalaman yang integral dari suatu yang konkrit sampai kepada yang abstrak.
Beberapa
macam alat peraga pembelajaran matematika antara lain:
a.
Alat peraga Kekekalan Luas
Luas
daerah persegi panjang, luas daerah persegi, luas daerah segitiga, luas daerah
lingkaran, dalil Pythagoras, luas permukaan kubus, luas permukaan balok,
luas permukaan limas, tangram
1)
Alat Peraga Kekekalan Panjang
Tangga garis bilangan, pita garis bilangan, neraca bilangan, mistar hitung dan
batang cuisenaire
2)
Alat Peraga Kekekalan Volume
Blok Dienes, volume kubus, volum balok, volum prisma, volum tabung, volum
kerucut, volum bola
3)
Alat Peraga Kekekalan Banyak
Abakus biji, lidi, dan kartu nilai tempat
4)
Alat Peraga untuk Percobaan dalam Teori Kemungkinan
Uang logam, dadu, gasingan, paku payung, kartu, distribusi Galton (sesatan
hexagon)
5)
Alat Peraga untuk Pengukuran
Meteran, busur derajat, roda meteran, kapak tomahowk, jepit bola, spereometer
6)
Bangun-Bangun Geometri
Macam-macam model bangun geometri
7)
Alat Peraga Untuk Permainan Dalam Matematika
Mobius, aritmetika jam, kartu domino, kartu penebak hati
Contoh
alat peraga Matematika
- Alat peraga untuk menentukan volum limas
Gambar
2. Volum limas
Pada
gambar 2 tampak ada 3 limas siku-siku yang kongruen. Jika ketiga limas tersebut
digabungkan maka akan terbentuk suatu kubus adlahdengan sisinya adalah
sisi alas limas tersebut.
Jadi
volum limas sama dengan sepertiga volum kubus.
Volum
kubus dngan panjang rusuk = r adalah V= r3
Jadi
volum limas segiempat dengan tinggi = r dan luas alas sama dengan luas
sisi kubus tersebut adalah V = volum kubus = r3
2.
Alat Peraga untuk menentukan volum bola
Tujuan
: Menemukan rumus volum Bola
Bahan
: Bola dari plastik, kertas manila,
lem (perekat kertas), pasir/beras.
Alat
: Penggaris, jangka, gunting/pisau
Kegiatan
:
1.
Potonglah bola plastik menjadi dua bagian yang sama besar (menurut
lingkaran besarnya).
2.
Ukurlah diameter bola , misalkan 2r
3.
Buatlah tabung tanpa tutup, dengan diameter 2r dan tinggi juga 2r
(seperti pada lab.mini sebelumnya).
4.
Pastikan bahwa sekarang sudah didapatkan dua benda , yakni
setengah bola dan tabung tanpa tutup sebagai berikut.
5.
Isilah sampai penuh, setengah bola tersebut dengan beras/pasir.
6.
Tuangkan beras/pasir tersebut ke dalam tabung.
7.
Ulangi kegiatan (5) dan (6) sampai tabung penuh dengan beras/pasir.
Apa
yang dapat saudara simpulkan dari kegiatan (5), (6) , (7) ?
Telah
kita ketahui bahwa rumus volum tabung adalah V = p r2t. Karena t=
2r, maka volum tabung tersebut adalah V = p r2.2r = 2p r3.
Dengan
demikian , berapakah volum bola ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar